Sabtu, 11 Juni 2011

MANUSIA DAN PERADABAN (CIVILIZATION)

Peradaban merupakan wujud kebudayaan sebagai hasil kreatifitas manusia sekaligus mempengaruhi sekaligus mempengaruhi serta menjadi pedoman bagi hidupnya.
                Menurut  Darmono, 2011 menyatakan Adab berarti akhlak atau kesopanan dan kehalusan budi pekerti.
                Peradaban adalah kebudayaan uang telah mencapai  tingkat tertentu pada suatu masyarakat yang  tercermin dalam tingkatintelektual, keindahan, teknologi, dan spiritual.
Tinggi rendahnya peradaban suatu bangsa sangat di prngaruhi oleh :
  •        Kemajuan teknologi
  •       Ilmu pengetahuan dan
  •       Tingkat pendidikan
  •    Bangsa yang beradab adalah bangsa yang terdidik.
                PERADABAN MEMILIKI KAITAN ERAT DENGAN KEBUDAYAAN
Kebudayaan hakikatnua adalah hasil cipta, karsa dan rasa manusia
·         Kemampuan cipta ( aqal ) : manusia menghasilkan ilmu pengetahuan
·         Kemampan rasa manusia : melalui alat-alat inderanua menghasilkan beragam barang seni dan bentuk-bentuk kesenian
·         Kemampuan karsa manusia  : menghendaki kesempurnaan hidup, kemuliaan dan kebahagiaan sehingga menghasilkan berbagai aktivitas manusia untuk memenuhi kebutuhannya.

PROBLEMATIKA PERADABAN

Arus informasi yang berkembang cepat menumbuhkan cakrawala pandangan manusia makin berkembang dan terbuka luas. Tekhnologi yang sebenarnya merupakan alat bantu kemampuan diri manusia, dewasa ini telah menjadi sebuah kekuatan otonom yang justru membelengu prilaku dan gaya hidup kita sendiri. Masyarakat yang rendah kemampuan tekhnologinya cenderung tergantung dan hanya mampu bereaksi terhadap dampak yang ditimbulkan oleh kecanggihan tekhnologi. Dampak Globalisasi Terhadap peradaban manusia akibat globalisasi di antaranya masyarakat mengalami anomi/ tidak punya norma atau heteronomy/banyak norma , sehingga terjadi kompromisme sosial terhadap hal-hal yang sebelumnya dianggap melanggar norma tunggal masyarakat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar